Rabu, 28 Juli 2021

Satu-satunya Kampus di Jawa Timur, Tim Wiradesa Prodi IPA STKIP PGRI Nganjuk Lolos Didanai Kemdikbud



Sehubungan telah dilaksanakan penilaian Program Wira Desa Tahun 2021 pada tanggal 8 - 20 Juli 2021, Kemdikbud telah mengumumkan bahwa Penerima Bantuan Program Wira Desa Tahun 2021 telah lolos sebanyak 81 (delapan puluh satu) proposal.

STKIP PGRI Nganjuk menjadi satu-satunya sekolah tinggi yang ada di Jawa Timur yang lolos dalam kegiatan ini. Kegiatan yang didanai berjudul “Pengembangan Sentra Industri  UMKM Krupuk di Desa Klagen Kab. Nganjuk Jawa Timur” dengan ketua saudara Eka Nur Ramadhan dari Prodi Pendidikan IPA. Program tersebut merupakan bentuk kerjasama Prodi IPA STKIP PGRI Nganjuk dengan UMKM yang ada di Desa Klagen Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Secara khusus program bertujuan untuk:

1.    Memperoleh peta  sumberdaya produktif berbasis SDM dan SDA yang ada di Desa Klagen;

2.    Memperoleh database potensi wirausaha desa di Desa Klagen;

3.    Menerapkan  konsep  pertumbuhan  dan  perkembangan  kewirausahaan  desa  yang  dibangun dengan kolaborasi antara masyarakat, lingkungan desa, perguruan tinggi dan stake holder lain secara berkelanjutan;

4.    Menumbuhkan wirausahawan baru/startup desa dan mengembangkan usaha potensial di Desa Klagen;

5.    Menjadi  sarana  rekomendasi  MB-KM  kepada  perguruan  tinggi  dalam  bentuk  kegiatan program Wira Desa yang dapat dikonversi sebagai mata kuliah.

 

Harapan jangka panjang, semoga program seperti ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi desa dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan UMKM yang ada. Disituasi pandemi Covid-19 seperti ini, semoga kami STKIP PGRI Nganjuk bisa bersinergi dengan desa mampu mengangkat UMKM khususnya di Desa Klagen,” tutur Ibu Ketua STKIP PGRI Nganjuk Dr. Vera Septi Andrini, MM.


Disqus Comments