Selasa, 30 Maret 2010

Selayang Pandang Prodi Pendidikan IPA

Program Studi S1 Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk merupakan program studi baru yang berdiri pada tanggal 14 April 2015 berdasarkan SK Pendirian Program Studi Nomor 166/M/KPIV/2015 oleh Direktur Jenderal Departemen Pendidikan Tinggi. Program studi Pendidikan IPA beralamat di Jalan Abdul Rahman Saleh No.21 Nganjuk, Jawa Timur. Prodi Pendidikan IPA telah berstatus terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 3068/BAN-PT/Akred/S/XI/2018 dengan masa berlaku sampai dengan 13 November 2023. Gelar lulusan yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Mengingat  pada  Visi  Program  Studi  Pendidikan  IPA  sebagai  Lembaga  Pencetak Tenaga Kependidikan (LPTK) yang unggul dalam Tri Dharma dan mencetak lulusan yang terampil  dalam  mendidik,  professional,  dan  berkarakter  serta  sesuai  Learning  Outcome. Kompetensi lulusan diatur dalam SOP Penetapan Kompetensi Lulusan No. SOP/PM-05/1-01.01 tentang Penetapan Kompetensi Lulusan. Sesuai dengan deskripsi Kualifikasi Level 6 KKNI  untuk  S1,  maka  Program  Studi  Pendidikan  IPA  dalam  menghasilkan  lulusan  dan memberikan layanan yang berkualitas maka kompetensi utama lulusan yaitu: (1) Tenaga Pendidik Mata Pelajaran IPA yang Professional dan Berkarakter (Guru SMP/SMA/Sederajat) maupun dosen; (2) Peneliti dalam bidang IPA yang Terampil; (3) Pengelola Laboratorium Sains; (4) Eduprenuer.
Mengapa harus memilih Prodi Pendidikan IPA?
1.Program Studi S1 Pendidikan IPA diselengarakan untuk menyiapkan kebutuhan guru IPA yang berkualitas dan berkarakter di tingkat SMP/SMK/Sederajat.
2.Program Studi S1 Pendidikan IPA merupakan satu-satunya prodi dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang ada di Kabupaten Nganjuk dan di Eks-Karesidenan Kediri..
3.Program Studi S1 Pendidikan IPA memiliki dosen yang berkualitas  dengan gelar minimal Magister Pendidikan (S2) dari universitas negeri ternama di Indonesia seperti Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Negeri Malang.
4.Program Studi S1 Pendidikan IPA memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai seperti peralatan Laboratorium yang berstandar yang merupakan pemenang Hibah Laboratorium dari Kemenristekdikti tahun 2018. Peralatan laboratorium didukung peralatan dari PASCO scientific (Science Lab Equipment & Teacher Resourch) dengan memiliki 99 judul praktikum Fisika, memiliki Mikroskop Binokuler Olympus CX23, memiliki Lemari Asam untuk keperluan penelitian, Auto Clave dan masih banyak lagi.
5.Mahasiswa yang masuk ke Prodi Pendidikanj IPA mempunyai peluang besar untuk pengembangan diri dengan melanjutkan pendidikan lebih tinggi yaitu ke Program Pascasarjana Pendidikan IPA S2 (Program Magister) maupun S3 (Program Doktor).

Perkuliahan
Perkuliahan dari prodi pendidikan S1 IPA STKIP PGRI Nganjuk adalah perkuliahn teori di kelas, laboratorium, PPL, KKN, dan Skripsi dengan jumlah sks 149 Sks. penyelenggaraan perkuliahan yang profesional maka dosen berasal dari program studi pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk berasal dari dosen Kimia, Fisika, dan Biologi, dan IPA. Jumlah dosen pendidikan IPA yang tetap adalah 6 orang dosen dengan bergelar pendidikan magister pendidikan.
Alamat
Kampus STKIP PGRI Nganjuk
Jl. Abdurrahman Saleh Nomor 21 Nganjuk Telf./Wa 085641636463
Website: http://sains.stkipnganjuk.ac.id
Ig: himadika.nganjuk
Disqus Comments