Kamis, 16 April 2020

Praktikum Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk


Kegiatan praktikum merupakan menu utama mahasiswa di Program Studi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk. Didukung peralatan yang memadai, mahasiswa bisa berexplorasi melalui kegiatan laboratorium.
Salah satu peralatan yang dicoba yaitu Autoclave. Autoclave merupakan salah satu peralatan laboratorium yang harus tersedia di laboratorium mikrobiologi. Autoclave menggunakan panas dan tekanan dengan air untuk membuat uap super panas.
Autoclave  memungkinkan suhu uap air jenuh berada dalam suatu ruang (chamber), dan digunakan untuk membunuh mikroba. Menurut SNI ISO 7218:2012, Mikrobiologi bahan pangan dan pakan-Persyaratan umum dan pedoman untuk pengujian mikrobiologi, Autoclave (sebaiknya) dilengkapi dengan : setidaknya satu katup pengaman, saluran pengeluaran (drain cock), alat pengatur yang memungkinkan suhu di dalam ruang dapat dipertahankan pada kisaran + 3 °C dari suhu target (untuk memperhitungkan ketidakpastian pengukuran yang berhubungan dengan termokopel pengukur) probe suhu atau termokopel perekam, dan harus dilengkapi dengan pengatur waktu dan perekam suhu. (Sumber: https://labmaniaindonesia.id/3-langkah-penting-dalam-penggunaan-autoclave-di-laboratorium/).
Masih banyak perlatan yang kita miliki seperti peralatan fisika, kimia, dan biologi. Dalam bidang fisika, didukung peralatan dari PASCO scientific (Science Lab Equipment & Teacher Resourch) dengan memiliki 99 jenis judul praktikum Fisika berbasis sensor, bidang biologi memiliki Mikroskop Binokuler, bidang kimia memiliki Lemari Asam untuk keperluan penelitian, dan masih banyak lagi peralatan pendukung lainnya,” Ujar ketua Prodi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk Yulia Dewi Puspitasari, M.Pd.

Selanjutnya, mari bergabung bersama Prodi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk yang berlamat di Jl. A.R. Saleh No. 21 Nganjuk Jawa Timur 64411. Kampus Kota Angin tercinta, berkualitas, berprestasi, terakreditasi, berbeasiswa, berfasilitas lengkap, gedung baru, dan biaya kuliah terjangkau.
Kunjungi website kami di https://sains.stkipnganjuk.ac.id/
Nomor Kontak/WA: 085641636463   an. Yulia Dewi Puspitasari, M.pd.
Daftar online cukup dirumah saja dan kunjungi link berikut:
Disqus Comments