Jumat, 22 Februari 2019

GANDENG DINAS KEHUTANAN PEMPROV JATIM WILAYAH NGANJUK, PRODI PEND. IPA STKIP PGRI NGANJUK LAKSANAKAN PROGRAM PENGHIJAUAN Di DESA SENGGOWAR KEC. GONDANG



Nganjuk, 22/02/2019. Gerakan untuk memotivasi masyarakat cinta lingkungan dan gemar menanam merupakan langkah nyata dalam mengatasi dampak pemanasan global. Program Studi Pendidikan IPA bekerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk merealisasikan program tersebut melalui program tanam pohon yang dilaksanakan di Desa Senggowar Kec. Gondang Kab. Nganjuk. Kegiatan ini diinisiasi dari sebagai bentuk kepedulian STKIP PGRI Nganjuk karena sudah mulai berkurangnya ruang terbuka hijau dan munculnya lahan kritis sebagai dampak dari pembukaan lahan baru. Didukung dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HMPS) kegiatan ini berjalan dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.
“Gerakan penanaman pohon (reboisasi) untuk lahan kritis yang mulai muncul di pedesaan ini harus segera kita antisipasi. Kami bangga dengan Prodi IPA yang telah mendukung acara ini. Sudah saatnya para pemuda ikut berkontribusi ,” ujar Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk.
Bibit yang ditanam meliputi Gmelina Arboria dengan jumlah 250 buah, Sengon 100 buah, Sirsat 100 buah, dan Nangka 50 buah. Penanaman dilakukan di kawasan desa senggowar dengan tujuan sebagai hutan lindung. Acara ini dihadiri oleh Camat Gondang Kab. Nganjuk, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Puskesmas. “Program penghijauan sebagai bentuk pengabdian kita pada masyarakat dan juga sebagai bentuk aplikasi keilmuan. Mahasiswa tidak hanya belajar teori tapi juga bisa mengaplikasikannya secara langsung,” ujar Ketua Prodi Pendidikan IPA STKIp PGRI Nganjuk Yulia Dewi Puspitasari, M.Pd.
Program penghijauan dan penanaman kembali hutan (reboisasi) yang digalakan pemerintah sejak 1980-an hingga kini dinilai hanya mengutamakan proses penanaman. Maka dari itu bersama dengan Desa Senggowar, Dinas Kehutanan, dan Prodi IPA berkomitmen untuk mengelola dan memelihara tanaman ini. “Program ini kita harapkan tidak hanya sebatas pada menanam bibit saja, tapi menjaga dan merawat. Kita akan selalu berkordinasi dengan Dinas terkait dan LPTK untuk selalu mengadakan kegiatan yng positif seperti ini,” kata Kepala Desa Senggowar Kec. Gondang Sugiarti di akhir acara.
Dalam acara Penghijauan ini ditindaklanjuti dengan penyerahan MOU secara simbolis di Balai Desa Senggowar. (YDP&HP)



Disqus Comments