Rabu, 01 April 2020

Raih Hibah Hampir 1 Milyar, Prodi IPA STKIP PGRI Nganjuk Miliki Peralatan Laboratorium Berkualitas


Program Studi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk berhasil mendapatkan hibah PP-PTS dari Kemenristekdikti senilai hampir 1 Milyar. Hibah PP-PTS merupakan upaya Kemenristekdikti untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Selain itu, hibah ini diperoleh untuk meningkatkan layanan terhadap mahasiswa khususnya Prodi Pendidikan IPA, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan tentunya meningkatkan kualitas lulusan. 
Peralatan laboratorium yang diterima meliputi berbagai jenis peralatan praktikum untuk bidang IPA seperti peralatan fisika, kimia, dan biologi. Dalam bidang fisika, didukung peralatan dari PASCO scientific (Science Lab Equipment & Teacher Resourch) dengan memiliki 99 jenis judul praktikum Fisika berbasis sensor, bidang biologi memiliki Mikroskop Binokuler, bidang kimia memiliki Lemari Asam untuk keperluan penelitian, Auto Clave dan masih banyak lagi peralatan pendukung lainnya. “Kita sangat bersyukur dengan prestasi yang diperoleh saat ini. Tidak banyak perguruan tinggi di Jawa Timur yang bisa mendapatkan hibah PP-PTS seperti ini. Persaingannya sangat ketat. Semoga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan roduktivitas dan relevansi lulusan melalui penguatan proses pembelajaran dan kualitas lulusan, sehingga dapat meningkatkan kinerja Prodi IPA STKIP PGRI Nganjuk” papar ketua STKIP PGRI Nganjuk Dr. Vera Septi Andrini, MM.
Peralatan laboratorium yang dimiliki belum banyak dimiliki oleh laboratorium baik di tingkat SMP/SMA/ Sederajat. Sehingga banyak peluang kerjasama untuk bersama-sama memanfaatkan peralatan yang ada. “Peralatan-peralatan ini semua berbasis sensor. Data yang diperoleh bisa langsung dianalisa karena berbasis komputerisasi. Misal kita praktikum Gerak yang dahulu menggunakan Ticker Timer yang dahulu menggunakan pita ketik, saat ini sudah menggunakan sensor. Sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat dan valid” ujar ketua Prodi Pendidikan IPA Yulia Dewi Puspitasari, M.Pd. 



Disqus Comments