Jumat, 20 Januari 2023

Kuliah Umum Dengan Universitas Negeri Surabaya dan Wales Young Institute Canada




Kuliah Umum 20 Januari 2023 bersama Harry Alamsyah, BA (Director of Wales Young Institute Canada) Dr. Hasan Subekti, M. Pd Dosen P. IPA UNESA). Kuliah ini mengkaji tentang teknik menguasai public speaking dalam era perkembangan teknologi 4.0 dan era 5.0. Selain itu, pembahasan juga terkait penggunaan pendekatan pembelajaran Cybergogy dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Public speaking merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan mahasiswa saat nanti lulus dan berhadapan langsung dengan masyarakat atau bahkan dunia kerja. Harapannya, melalui kuliah umum ini mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk memiliki bekal keilmuan yang mumpuni untuk mengaplikasikan ilmu. 
Model pembelajaran cybergogy dikenalkan oleh Wang & Kang (2006) dalam artikel yang berjudul Cybergogy for Engaged Learning: A Framework for Creating Learner Engagement through Information and Communication Technology. Artikel tersebut menjelaskan bahwa cybergogy adalah model pembelajaran daring dengan memperhatikan aspek kognitif, sosial dan emosional sehingga peserta didik dapat tercapai kompetensi yang diharapkan serta terlibat aktif selama proses pembelajaran. 
Cybergogy merupakan model pembelajaran untuk membangun ekosistem belajar yang kondusif bagi pembangunan ketrampilan, pengetahuan, dan emosional peserta didik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Era cybergogy saat ini, menuntut para pendidik di Indonesia untuk memiliki skill dalam penguasaan teknologi informasi selain skill dalam aspek pedagogik. Pada masa sekarang dan masa depan, seorang pendidik tidak cukup hanya berbekal ketrampilan pedagogik saja, harus memiliki ketrampilan penggunaan tekonologi informasi untuk membangun ekosistem belajar yang kondusif bagi pengembangan pengetahuan, ketrampilan, dan emosional peserta didik (Noven Suprayogi, 2021).
Disqus Comments